TIPS: Mencari Artikel Ilmiah Gratis

11 04 2008

Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan apabila ingin mendapatkan artikel jurnal ilmiah/proceedings melalui internet (dengan cara gratis tentunya):

  • Gunakan CiteULike untuk melakukan searching artikel ataupun tema (keyword) yang diinginkan. CiteULike biasanya lebih lengkap dan sistem searchingnya lebih mengena daripada Google Scholar ataupun CiteSeer. CiteULike akan memberikan link-link dimana kita bisa mendapatkan artikel yang muncul dari hasil searching. Ada beberapa link yang mengharuskan kita untuk login (aka. tidak gratis), ada beberapa link yang menyediakan artikel tersebut secara gratis seperti CiteSeer atau link ke homepage penulisnya langsung.
  • Apabila di antara link tersebut tidak ada yang gratis, coba searching judul artikel tersebut menggunakan Google Scholar atau CiteSeer atau Google. Cari di antara link yang berhasil ditemukan, apakah ada yang tersambungkan langsung ke dokumen artikel yang dicari.
  • Apabila tidak ada, coba search homepage dari penulis artikel tersebut menggunakan Google. Kadang-kadang penulis yang bersangkutan menyediakan dokumen artikel mereka untuk bisa di-download melalui homepage penulis yang bersangkutan.
  • Kalau ini tidak berhasil juga, search alamat email penulis artikel tersebut, kirimkan email request terhadap artikel tersebut. Penulis biasanya akan senang kalau ada yang ingin membaca atau mereferensi paper/artikel ilmiah mereka, tentunya kalau mereka tidak sibuk.
  • Kalau ini juga tidak berhasil, baru menggunakan cara terakhir (last resort) yaitu minta tolong ke orang-orang yang kira-kira mempunyai akses login ke database artikel commercial atau minta tolong melalui mailing list misalnya.

Begitulah sedikit tips tentang mencari artikel ilmiah gratis melalui internet. Semoga bermanfaat.


Actions

Information

10 responses

11 03 2018
IIN

Mo naya seputar SVM.

27 10 2009
rera

wah, terimakasih buat informasinya..

22 09 2009
kade

kalo di uni saya biasanya berkunjung ke http://repository.gunadarma.ac.id 🙂

30 03 2009
Yudi Agusta

Salam kenal juga. Terimakasih atas kunjungannya

26 03 2009
Pixell

Numpang Baca, Salam kenal.

22 07 2008
15 04 2008
Yudi Agusta

There you are 😉

15 04 2008
aRuL

saya pernah mengirim imel dan dibalas 🙂

15 04 2008
Paper gratis … « ~ Blognya noval ~

[…] April 15, 2008 Bagi temen-temen senasib sepenanggungan yang sekarang lagi bingung bagaimana caranya mencari paper atau tulisan ilmiah di internet, ada tips yang bagus dari Yudi Agusta, Silakan baca tulisan lengkapnya disini. […]

14 04 2008

Leave a comment