Penelitian Teknologi Informasi (TI)

10 03 2008

Penelitian Teknologi Informasi (TI) cukup berbeda dengan penelitian di bidang sosial kemasyarakatan. Umumnya penelitian TI tidak mempunyai metodelogi yang jelas, tidak ada pembuatan kuesioner, tidak ada pengolahan data dan hanya sedikit yang mencakup analisa hasil. Penelitian di bidang TI, sepanjang yang pernah saya amati, bisa mencakup beberapa jenis penelitian termasuk:

  1. Penelitian Murni TI: Penelitian jenis ini merupakan penelitian yang berusaha
    memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul terkait bidang TI dengan mencari solusi-solusi yang bersifat fundamental. Umumnya penelitian ini banyak berkecimpung mempelajari teori-teori yang ada untuk dapat mengembangkan teori-teori fundamental terkait lainnya. Beberapa penelitian yang bisa termasuk di dalam cakupan ini antara lain pengembangan:

    • Metodologi pengembangan sistem informasi
    • Metodologi pembuatan data warehouse
    • Metode-metode data mining/soft-computing
    • Konsep jaringan
    • Metode searching
    • Teori Optimasi
    • Metode Pemilihan Variabel
    • Sistem keamanan jaringan
    • Metode enkripsi dekripsi
    • Bahasa pemrograman
    • Metode penyimpan data
    • Metode pengolahan citra
    • Metode pengenalan pola
    • Among others
  2. Penelitian Terapan TI: Penelitian terapan di bidang TI lebih mengacu pada penelitian yang memanfaatkan teori atau metode, yang telah dikembangkan orang lain dalam cakupan penelitian murni TI, di dalam pengembangan penelitian lanjutan. Beberapa penelitian yang bisa dimasukkan di dalam cakupan penelitian ini antara lain pengembangan:
    • Sistem kontrol berbasis soft-computing
    • Hardware yang menerapkan metode penyimpanan data baru
    • Metode analisa kedokteran berbasis soft-computing
    • Penelitian yang membandingkan antara teori/metode
    • Sistem operasi yang berbasis open source
    • Sistem database dengan sistem indexing data baru
    • Metode peningkatan efektifitas jaringan berbasis data mining
    • Sistem pencarian dengan metode searching baru
    • Word processing dengan metode spell checker baru
    • Sistem database dengan metode penyimpan data baru
    • Aplikasi pengolahan citra dengan metode pengolahan baru
    • Aplikasi pemodelan data yang mengakomodasi metode baru
    • Program-program (DLL atau JSP) untuk metode tertentu
    • Bioinformatics dan Biomedik
    • Penerapan Metode TI di Bidang Lain (Ekonomi, Sosial dll)
    • Among others
  3. Penelitian Pengembangan Sistem: Sistem yang dimaksud di sini merefer pada sistem yang dapat dipergunakan langsung oleh pengguna seperti sistem informasi dan sistem jaringan. Penelitian jenis ini umumnya berusaha menerapkan berbagai teori atau metode yang telah dikembangkan baik dalam cakupan penelitian murni maupun penelitian terapan seperti sistem database, bahasa pemrograman, konsep jaringan dan lain-lain. Penelitian yang tercakup umumnya mencakup pengembangan sistem untuk tujuan perorangan/komunitas tertentu seperti pengembangan:
    • Sistem informasi keuangan
    • Sistem pakar
    • Sistem pendukung keputusan
    • Sistem data warehouse
    • Sistem digital library
    • Sistem mobile dictionary
    • Sistem jaringan berbasis open source
    • Among others

    Dibandingkan dengan penelitian murni dan terapan bidang TI, penelitian jenis ini sekarang ini kelihatannya masih lebih banyak diminati oleh mahasiswa TI Indonesia dalam proses penyelesaian kegiatan belajar mereka. Penelitian jenis ini juga sudah jelas tata cara pelaksanaannya, karena metodologi pengembangan sistem umumnya sudah pernah diusulkan dalam tahapan penelitian murni.

  4. Penelitian Terkait Penggunaan dan Manajemen TI: Belakangan ini, dengan berkembangnya penerapan TI di masyarakat, keilmuan tentang efektivitas penggunaan dan keilmuan di bidang manajemen TI juga semakin berkembang. Penelitian terkait dengan keilmuan-keilmuan tersebut juga banyak dilakukan. Walaupun masih dalam ruang lingkup TI, penelitian jenis ini mungkin lebih banyak dikaitkan dengan penelitian bidang sosial kemasyarakatan, karena yang menjadi objek penelitian biasanya adalah user/pengguna TI, administrator TI atau provider TI. Sehingga kemungkinan untuk menerapkan metodologi penelitian seperti halnya penelitian di bidang sosial kemasyarakatan sangat besar.

Mungkin ada yang masih memperdebatkan apakah kegiatan pengembangan sistem termasuk sebagai suatu kegiatan penelitian atau tidak. Kalau dilihat dari definisi dari kata penelitian (research) itu sendiri yaitu:

Research is a human activity based on intellectual investigation and is aimed at discovering, interpreting, and revising human knowledge on different aspects of the world. Research can use the scientific method, but need not do so.(sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Research)

kegiatan penelitian pada hakekatnya mempunyai tujuan untuk menemukan, menginterpretasikan ataupun merevisi pengetahuan yang ada di masyarakat. Sehingga, penelitian yang melibatkan kegiatan pengembangan sistem, karena tidak mencakup unsur menemukan, menginterpretasikan ataupun merevisi pengetahuan masyarakat, memang masih bisa menjadi bahan perdebatan apakah kegiatan tersebut bisa dimasukkan ke dalam kegiatan penelitian bidang TI atau tidak.

Mengikuti perkembangan pendidikan tinggi TI Indonesia dan merefer bahwa, pengembangan sistem masih banyak diminati oleh mahasiswa TI di Indonesia sebagai bahan skripsi, saya sendiri secara pribadi berpendapat bahwa pengembangan sistem yang dilakukan dalam tatanan perkuliahan masih termasuk dalam pengerjaan projek (assignment) dari suatu perkuliahan, yang mungkin hanya bisa dijadikan tugas akhir (projek akhir) dari mahasiswa dengan level di bawah S1 (D1, D2, dan D3).


Actions

Information

39 responses

23 09 2014
ประกันภัยรถยนต์

It is really a great and helpful piece of information. I
am happy that you simply shared this helpful information with us.
Please stay us informed like this. Thanks for sharing.

1 03 2015
Yudi Agusta

You’re welcome

26 06 2014
Majalah Efty Hill

Wah mantap tenan, topik tentang riset teknologi informasi. Sekedar menambah wawasan sy punxa diary tulisan pribadi yang muat di http://eftyhill.com

13 05 2014
orz

info yang bagus,,,saya harap Bapak berkenan jika kita banyak diskusi via email,,,email saya kha_Oreen_nha@yahoo.com.
saya mau tanya,,kalo untuk manajemen teknologi informasi,, contoh penelitiannya seperti apa ya pak?

19 06 2014
Yudi Agusta

Penelitian dalam bidang manajemen teknologi lebih ditujukan pada penelitian terhadap pengguna teknologi informasi. Misalnya penggunaan wireless dalam perkantoran, penggunaan printer sharing di dalam suatu perusahaan, perbandingan efektifitas penggunaan internet wireless dibandingkan dengan cabling dll.

Demikian dan semoga menjawab

20 04 2014
jual alat cek gula darah murah

This is my first time visit at here and i am genuinely impressed to
read all at alone place.

19 06 2014
Yudi Agusta

Tq

21 04 2013
Haarausfall

At this time I am ready to do my breakfast, later
than having my breakfast coming yet again to read more news.

19 06 2014
Yudi Agusta

Okay

15 04 2012
parulian

salam kenal mas mau nanya? cara mengembangkan kasus-kasus teknologi compuiting…dan konsep2nya cara yang tepat gimana ea mas mohon coment nya donk mas ..thank’s,,,

19 06 2014
Yudi Agusta

Teknologi computing luas sekali, kalau bisa lebih spesifik, mungkin bisa menjadi bahan diskusi

13 11 2011
BERFIKIR RISET DAN TEKNOLOGI « algoritma kehidupan emotz

[…] zaman. Contoh kasusnya ane ambil di riset atau penelitian di bidang Teknologi Informasi (sumber: https://yudiagusta.wordpress.com/2008/03/10/penelitian-teknologi-informasi-ti/), […]

20 06 2011
lautanpundi

luar biasa, salam kenal

19 06 2014
Yudi Agusta

Salam kenal juga, tks

20 08 2010
ronald s

mas ak minta tolong dong. bgm cara meneliti orang sarana prasarana dan kegiatannya.trims banyak

19 06 2014
Yudi Agusta

Harus lebih spesifik lagi, variabel yang digunakan kira-kira apa saja

27 04 2010
Irfan

Assalamualaikum.
Wah, pas kalimat terakhir nyesek tuh Pak.. hehe
yang saya tangkap “Penelitian pengembangan sistem tidak layak untuk dijadikan Skripsi, dan hanya bisa dijadikan tugas akhir untuk jenjang D3,D2, dan D1”..😀

Nah pertanyaan saya, gimana kalo misalnya kita mengembangkan suatu sistem tetapi dengan metode yang baru dan terbukti secara empiris hasilnya lebih bagus dari sistem yang sebelumnya?Apakah itu tidak masuk dalam makna “revising on human knowledge” Pak?hehehe..

30 04 2010
Yudi Agusta

Anda benar sekali. Penelitian dengan menerapkan metode baru memang dapat memperkaya pengetahuan yang ada. Dan penelitian seperti ini memang bukan pengembangan sistem, tetapi sudah termasuk penelitian terapan. Akan tetapi kalau metode yang digunakan metode lama, yang orang lain juga sudah banyak yang menggunakan, jadinya memang akan mengarah ke pengembangan sistem.

Di sinilah kemungkinan bedanya antara penelitian TI dan penelitian yang ilmu lain yang menemukan pengetahuan dengan menganalisa data. Penelitian TI itu kalau bisa disejajarkan dengan penelitian lain, mungkin sama posisinya dengan penelitian di bidang Fisika, Kimia, atau ilmu-ilmu murni sejenis lainnya.

Begitu mungkin ya mas Irfan.

10 02 2010
ANR

Salam kenal,
Bagai mana cara memulai menjadi seorang peneliti yang baik?
Terima kasih.

10 02 2010
Yudi Agusta

Peneliti yang baik….
Mmmm, selalu ingin tahu dengan keadaan terbaru dan selalu ingin mencari pemecahan terhadap permasalahan yang ada di ruang lingkup keahliannya. Mungkin begitu ya….

29 10 2009
Pandu

Saya akan lebih mendalaminya………..
Syukrooon……….:-)

15 05 2009
Yudi Agusta

Di atas dalam tulisan saya banyak jenis penelitian yang bisa didalami. Pattern recognition mungkin yang sekarang banyak ditekuni.

8 05 2009
desi

enaknya buat penelitian apa ya mas? yg kira2 tanpa buat hardware

7 04 2009
Yudi Agusta

Sdr/i Ty, bisa dimasukkan di dalam penelitian pengembangan sistem. Tetapi seperti yang saya ulas di atas, apakah pengembangan sistem termasuk dalam kategori penelitian, itu masih menjadi bahan diskusi.

4 04 2009
ty

tolong jawab dan kirimkan ke email ni: mas_boy32@yahoo.com.
makasih ya,,,,

4 04 2009
ty

mas,,,numpang tanya…!
kalau sistem informasi itu masuk dalam jenis penelitian apa?dan megapa?

26 02 2009
ithonkthink99

whaw, bagus tulisannya, membuka mata-q ttg info terbaru.ada ga tentang metodologi penelitian Informasi dan Teknologi?

10 01 2009
Yudi Agusta

Metpen pengembangan sistem umumnya seperti berikut:
-Literature Review/Studi Pustaka
-Analisa Sistem
-Design Sistem
-Implementasi Sistem
-Pengujian Sistem
-Dokumentasi Sistem

Semoga Menjawab

7 01 2009
vyni

mas mohon dibantu mengenai metpen tentang sistem informasi penjualan pada sebuah perusahaan yang juga merupakan produsen, katakanlah yang saya ambil data adalah perusahaaan kertas, saya agak bingung untuk metpen yang akan dituang diskripsi itu yang bagaimana??padahal saya hanya mengambil data perusahaan yang sudah tersedia

27 11 2008
dayu rini

salam kenal,
saya mau tanya gimana caranya kok bisa ada link buat tempat coment yach?
bsa tolong kasi tau caranya ga?

24 11 2008
sari

makasi, isinya lumayan bagus buat tugas cw (computer wajib) saya di sekolah tentang penelitian teknologi informasi. soalnya aku bingung nyari materinya untung ja ada.

13 08 2008
herman

mas, saya lagi buat skripsi tentang perancangan sistem pembayaran SPP online, tapi saya agak bingung dengan bab metodologi penelitian. bingung pake metode yang mana and bingung tentang variabel penelitian, Metode Analisis dan Perancangan. ada yang bisa bantu kasih gambaran ga tentang hal itu??thx..

29 07 2008
7 04 2008
Yudi Agusta

Untuk teknologi informasi, ada banyak sekali tema yang bisa dikerjakan. Pertama yang harus dipilih adalah apakah penelitian yang dilakukan inginnya yang murni, terapan, atau pengembangan sistem? Kalau pengembangan sistem, tinggal memilih mungkin salah satu dari tulisan saya di atas. Kalau murni dan terapan, cakupannya sangat luas. Soft computing dan data mining banyak yang bisa dikerjakan.

5 04 2008
Sandy

saya sedang dapat tugas Metodologi Penelitian di kampus,,ini saya anggap sbg skripsi kecil.
Kira2 tema sederhana apa yang dpt diangkat tuk tugas saya ini ya mas yudi??
tanx

11 03 2008
Yudi Agusta

Mas Jojo,

Penelitian pengembangan sistem dalam bidang bahasa itu maksudnya penelitian dari segi Teknologi Informasi (TI) atau pure penelitian bahasa? Yang saya ulas ini khusus penelitian bidang TI.

Tx

11 03 2008
jojo

terimakasih juga.tolong kasih contoh penelitian pengembangan dalam bidang bahasa.

11 03 2008
Yudi Agusta

Salam kenal juga

Thanks for the comment. The first one so far.

10 03 2008
Donald

Menarik informasinya,

Salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: