Visits to Malaysia

21 04 2016

Sudah beberapa kali berkunjung ke Malaysia, tetapi belum sempat menulis tentang tempat yang sudah dikunjungi tersebut. Kalau tidak salah ingat, sudah 3 (tiga) kali saya pergi ke Malaysia. Pertama saat melakukan kunjungan penelitian dalam rangka meninjau kegiatan penelitian mahasiswa Perancis di Help University dan juga dalam kaitan dengan proyek penelitian yang dilaksanakan dalam sebuah projek yang dinamakan Expedo. Yang kedua, adalah dalam rangka kunjungan kerja rombongan ke Malaysia dan Singapore. Dan yang ketiga, dalam rangka mengantar mahasiswa dual degree yang akan wisuda Bachelor of Information Technology di Help University, Malaysia.

Kesan yang saya dapat terkait kunjungan saya ke Malaysia, adalah pertama, kegiatan penelitian di tingkat universitas di Malaysia sudah demikian maju, dan bisa bersaing dengan penelitian tingkat internasional dari universitas dan lembaga penelitian di negara maju. Tempat-tempat nongkrong dan tempat wisatanya juga sudah ditata dengan baik, sehingga ada kesan modernnya, dimana tempat-tempat tersebut sudah ditata sedemikian rupa sehingga pengunjung mempunyai kesempatan untuk melihat berbagai macam atraksi selama masa kunjungan mereka.

Beberapa tempat wisata yang sempat saya kunjungi selama berada di Malaysia antara lain Petronas Twin Tower, Genting Highland, Batu Cave, Universitas Lim Kok Wing, Pusat Pemerintahan Putra Jaya, dan beberapa tempat lainnya. Berikut adalah gambar yang sempat saya ambil, yang mungkin bisa menggambarkan kemajuan pariwisata Malaysia saat ini.

PetronasPetronasPetronasPutrajayaGentingGentingPutrajayaLim Kok Wing UniversityBatu CaveBatu CaveBatu CaveIstana Kerajaan


Actions

Information

Leave a comment