A Tirtayatra Trip to Nusa Penida

30 10 2011

Petunjuk menuju Nusa Penida ada di bagian bawah tulisan ini.

Setelah membicarakannya beberapa kali dalam beberapa tahun belakangan ini, akhirnya kesampaian juga keinginan untuk melakukan tirtayatra ke Nusa Penida. Ada tiga pura yang tersebar di wilayah Nusa Penida, yang bisa dikunjungi dalam rangkaian tirtayatra ini yaitu Pura Dalem Ped, Pura Giri Putri, dan Pura Puncak Mundi.

Sebelum menceritakan lebih panjang terkait tirtayatra yang kami lakukan, berikut ini beberapa gambar dan cerita terkait perjalanan tirtayatra kami sekeluarga ke Nusa Penida. Untuk menuju Nusa Penida, kami menggunakan mobil sendiri, karena ingin mempermudah perjalanan kami di wilayah Nusa Penida. Kami berangkat dari Denpasar menuju Padang Bai dengan tujuan untuk melakukan penyeberangan melalui Padang Bai dengan kapal Roro yang berangkat dari pelabuhan Padang Bai menuju Nusa Penida sekitar pukul 1 siang.

Padang Bai 01Padang Bai 02

PenginapanPerjalanan kami ke Nusa Penida dengan kapal ferry Roro memerlukan waktu sekitar 2 jam. Kami menginap di sebuah penginapan di daerah Sampalan, Nusa Penida, yang informasinya kami dapatkan dari rekanan kerja kantor. Penginapan yang kami sewa bercorak Bali, dengan fasilitas yang lumayan bagus serta nyaman, dan servis yang cukup berkualitas, kalau dibandingkan dengan harga yang harus kami bayarkan. Beranda depan dari penginapan sangat cocok bagi kami untuk digunakan bersantai setelah melakukan perjalanan panjang dalam rangkaian tirtayatra ini. Kami sampai di penginapan sekitar pukul 5 sore.

Setelah melakukan persiapan, dan memakai pakaian sembahyang, kami langsung melakukan perjalanan untuk melakukan tirtayatra pertama kami ke Pura Giri Putri. Pura Giri Putri terletak di sebelah timur wilayah Sampalan, dan perlu melakukan perjalanan dengan mobil sekitar 30 menit. Jalan yang dilalui tidak begitu besar dan menyusuri daerah pantai timur Nusa Penida. Sesampai di wilayah Pura, kami mulai melakukan persembahyangan. Perlu diingat untuk Pura Giri Putri perlu untuk membawa beberapa buah pejati karena di dalam wilayah Pura ada beberapa titik tempat persembahyangan. Tidak semua harus menggunakan pejati. Khusus untuk pejati ini, anda bisa membawa pejati langsung dari rumah, atau membelinya di Pura Dalem Ped, Nusa Penida.

Yang menjadi ciri khas dari Pura Giri Putri ini adalah area persembahyangannya yang berupa gua yang sangat lebar, dan pintu masuk ke gua tersebut sangatlah kecil, dan hanya bisa dimasuki orang satu per satu. Di dalam gua sudah tertata cukup rapi dan sudah ada lampu listrik yang disediakan untuk melihat jalan setapak yang perlu dilalui. Kadang-kadang memang lampu mati, tetapi kalaupun lampu mati, bisa disiasati dengan senter atau lampu handphone. Di luar gua ada sebanyak satu tempat sembahyang, sedangkan di dalam gua ada 4 tempat sembahyang. Tempat persembahyangan terakhir adalah tempat penyembahan kepada Dewi Kwan Im. Berikut beberapa foto yang sempat kami abadikan di dalam gua persembahyanan.

Giri Putri 01Giri Putri 02Giri Putri 03Giri Putri 04

Setelah melakukan tirtayatra di Pura Giri Putri, kami kembali ke penginapan dan istirahat untuk mempersiapkan diri melakukan perjalanan tirtayatra esok harinya. Setelah mendapatkan istirahat yang cukup, kami melakukan persiapan untuk melakukan tirtayatra ke dua Pura yaitu Pura Dalem Ped dan Pura Puncak Mundi. Kami mendengar perjalanan ke Pura Puncak Mundi akan melalui jalan yang sulit dan terjal, sehingga kami mempersiapkan diri untuk itu.

Tirtayatra di Pura Dalem Ped dilakukan di empat pura yang berbeda: Pura Segara, Pura Taman, Pura Penataran, Pura Ratu Gede. Pura Segara adalah Pura di wilayah Pura Dalem Ped yang terletak di dekat pantai. Pura Taman merupakan Pura yang dikelilingi oleh Taman Air, sedang Pura Penataran dan Pura Ratu Gede merupakan Pura utama di wilayah Pura Dalem Ped. Berikut ini beberapa foto yang sempat kami abadikan di wilayah Pura Dalem Ped.

Pura Segara 01Pura Segara 02Pura TamanPura Ratu GedePura Penataran Agung

Setelah menyelesaikan proses persembahyangan di Pura Dalem Ped, kami mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan ke Pura Muncak Mundi. Pura ini terletak di bagian tertinggi dari Pulau Nusa Penida. Jalan yang dilalui menuju pura tersebut cukup menegangkan karena jalannya cukup terjal dan umumnya hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja. Kalau ada satu mobil yang lain yang berpapasan, akan sulit sekali untuk dikendalikan, apalagi dalam posisi jalan yang terjal. Perjalanan dari Pura Dalem Ped ke Pura Puncak Mundi memerlukan waktu sekitar 30-40 menit. Di areal Pura Puncak Mundi ada dua tempat persembahyangan. Areal Pura juga dihuni oleh kera-kera liar.

Pura Puncak MundiDaerah Puncak Nusa PenidaDaerah Puncak Nusa Penida

Suatu hal yang menggelikan tapi nyata telah kami alami. Kiya yang sempat agak sedikit grumpy/marah saat berada di wilayah sekitar pura, secara tidak sengaja tersandung pada beton tempat memasang umbul-umbul, jatuh dan mengalami luka yang cukup parah juga. Kami memaknai hal tersebut, bahwa kalau berada di wilayah sekitar tempat suci, hati dan pikiran kita haruslah suci dan terarah untuk melakukan persembahyangan yang khusuk. Suatu pelajaran yang sangat bermakna bagi kami, dan khususnya bagi Kiya.

Setelah selesai melakukan tirtayatra ke Pura Puncak Mundi, kami kembali ke penginapan, untuk menikmati sore hari kami dengan perjalanan ke wilayah Jungut Batu, untuk menikmati sunset. Ada sekitar dua jam-an kami di sana, sehingga kami bisa melihat bagaimana matahari sore yang lumayan terang, sedikit demi sedikit terbenam, dan langit di bagian barat sedikit demi sedikit berubah warna. Berikut gambar-gambar yang sempat kami abadikan.

Jungut Batu 01Jungut Batu 02Sunset Jungut Batu 01Sunset Jungut Batu 02Sunset Jungut Batu 03Sunset Jungut Batu 04

Travelling Bali Part 2 Direction: Untuk mencapai Nusa Penida dengan mobil, dapat dilakukan dengan melakukan penyeberangan melalui pelabuhan Padang Bai, Karangasem. Anda hanya perlu mengikuti jalan Bypass Ida Bagus Mantra sampai di perempatan Kusamba, lurus, dan di pertigaan Padang Bai, belok ke kanan menuju Pelabuhan Padang Bai. Kapal Roro, berangkat dari Padang Bai pukul 1 siang. Wilayah Sampalan, Nusa Penida, ada di peta dengan nomor penunjuk [14].

Actions

Tks infonya

15 07 2013
dian

brp hrga per room penginapannya pak? sy mau berlibur ksna jg

26 02 2014
Yudi Agusta

200 ribu kalau tidak salah.

Regards,

3 06 2013
komang ary

tolong info untuk biaya tirta yatra kawasan kediri jawa timur selama 3 hari mulai tanggal 1 juli 2013 rencana hari pertama menginap d mojokerto dan kesokan harinya ke pura2 kawasan kediri
tolong d info untuk biaya makan dan penginapan untuk 22orang
no yg bisa d hubungi 083119524605

18 09 2012
Farida

Klu perlu accomodasi di nusa penida,, kita ada penginapan
“MUTIARA BUNGALOW”
almt. Ds. Toyapakeh nusa penida.
Hp. 081916201753
kita ada 11 kmr.. ada AC dan non AC jg restauran dan transport.

29 11 2011
Oming

Wah lengkap sekali artikelnya pak🙂 kalo boleh tau detail penginapannya dimana pak? Saya berencana tirtayatra kesana🙂

30 11 2011
Yudi Agusta

Penginapannya ada di seberang pasar senggol sampalan Nusa Penida, masuk gang seukuran mobil. Kebetulan namanya saya tidak ingat. Kalau jadi tirtayatra menginap di sana bagus juga. Kalau jadi menginap di sana, info ya nama penginapannya.