Tampak Siring (Pura Tirta Empul)

23 05 2011

Petunjuk menuju Pura Tirta Empul ada di bagian bawah tulisan ini.

Tampak Siring 05Tampak Siring (Pura Tirta Empul) adalah sebuah pura besar tempat persembahyangan umat Hindu dan sekaligus tempat pariwisata yang cukup terkenal di Bali. Letaknya di Kabupaten Gianyar, sebelah utara kota Gianyar dan dekat dengan kota budaya Ubud. Selain sebagai tempat sembahyang, Tampak Siring mempunyai 2 (dua) keunikan yang tidak ditemukan di tempat lain. Salah satunya adalah istana presiden Republik Indonesia dan yang lain adalah mata air tanah yang terletak di areal pura. Tempat yang pertama umumnya menjadi daya tarik wisata khususnya wisatawan domestik, sedangkan yang kedua umumnya dikunjungi guna melakukan kegiatan pelukatan (pembersihan diri) untuk ritual keagamaan.

Tampak Siring 02Untuk yang pertama, mungkin sudah banyak yang mendengar, bahwa istana Tampak Siring dibangun oleh mendiang Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. Letak dari istana ada di ketinggian bukit kecil dan bisa melihat ke bawah ke arah pura Tampak Siring ini. Sebenarnya keadaan seperti ini dimana pura ada di bawah tempat peristirahatan, sangat jarang ditemukan di Bali, karena biasanya tempat suci letaknya selalu sedikit di atas dari bangunan tempat tinggal. Tetapi menurut cerita yang ada, Presiden Soekarno, sangat senang melihat pemandangan permandian di sekitar pura Tirta Empul, sehingga beliau memutuskan untuk membangun peristirahatan tersebut. Sekarang istana Tampak Siring, lumayan sering digunakan untuk pertemuan kenegaraan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tampak Siring 01Tampak Siring 06 Untuk hal yang kedua, dimana di areal pura Tirta Empul, ada sebuah mata air tanah, yang mengeluarkan air yang bening sekali, dan sampai sekarang air dari mata air tersebut, dialirkan ke arah Jaba (wilayah depan) pura, untuk biasanya dipergunakan sebagai tempat pelukatan (pembersihan diri) sebelum melakukan persembahyangan di pura tersebut. Umumnya setiap hari Purnama (bulan penuh), Tilem (bulan mati), hari raya-hari raya keagamaan lain seperti Galungan, Kuningan, Pagerwesi dan lain-lain, banyak umat Hindu yang melakukan pelukatan dan sekaligus melakukan persembahyangan di pura Tirta Empul ini.

Berikut ini beberapa foto-foto kami saat berkunjung ke pura Tirta Empul sambil mengantar teman dari Australia yang sedang berkunjung ke Bali.

Tampak Siring 04Tampak Siring 03Tampak Siring 07Tampak Siring 08

Direction: Untuk mencapai Tampak Siring (Pura Tirta Empul), anda perlu menuju ke arah Ubud. Di pertigaan Peliatan anda menuju ke arah Timur untuk kemudian melewati Goa Gajah, dan selanjutnya di pertigaan pertama anda menuju utara. Demikian seterusnya ke Utara sampai di Tampak Siring. Pura Tirta Empul sendiri masuk ke kanan di pertigaan yang ada setelah melewati pasar Tampak Siring. Letak absolut Pura Tirta Empul dapat dilihat dengan membuka peta Pulau Bali melalui thumbnail peta di samping. Letak daerah tersebut tersebut ditandai dengan angka nomor [13].


Actions

Information

One response

13 09 2015
baliinternship

No matter if some one searches for his vital thing, so he/she needs to be available that
in detail, so that thing is maintained over here.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: