Tanah Lot – A Sunset View Temple

11 01 2011

Petunjuk menuju Tanah Lot ada di bagian bawah tulisan ini.

Tanah Lot 03Dalam beberapa kesempatan saya, keluarga dan teman-teman, berkunjung ke pura Tanah Lot. Khususnya, untuk teman-teman yang dari luar Pulau Bali, yang sedang berkunjung ke Pulau Bali, rasanya tidak enak kalau tidak diajak ke pura Tanah Lot ini. Tanah Lot merupakan tempat pariwisata Bali yang ada di Kabupaten Tabanan, dan sudah menjadi icon dan dikenal banyak orang baik dalam maupun luar negeri. Kalau berkunjung ke Bali, pasti akan terasa ada yang kurang kalau tidak berkunjung ke Tanah Lot. Berbagai brosur yang dicetak untuk mempromosikan pariwisata Bali umumnya akan memiliki gambar Tanah Lot ini sebagai bagiannya. Tanah Lot sendiri merupakan lokasi sebuah pura yang terletak di sebuah pulau kecil yang terpisah dari daratan Pulau Bali. Pada saat air laut surut, pulau tersebut bisa dikunjungi dengan berjalan kaki. Dan umumnya memang pura itu bisa dikunjungi dengan berjalan. Hanya sesekali saja air laut pasang sehingga tidak bisa menuju pulau kecil tersebut dengan berjalan kaki. Dengan areal yang cukup luas, tempat wisata tanah lot memanjakan pengunjung dengan berbagai spot yang bisa dikunjungi dengan berjalan kaki. Selain pura Tanah Lot sendiri, masih ada beberapa area lain di tempat wisata ini yang menjadi favorit pengunjung untuk dinikmati.

Tanah Lot 01Sekarang ini, menurut saya, Tanah Lot sudah tidak terkenal lagi dari segi puranya, tetapi lebih dikenal sebagai objek wisata yang menyediakan suatu bentuk view yang masih tradisional dengan pemandangan sunset yang sangat indah. Memang, pada saat matahari terbenam, pemandangan pulau dan pura dengan background langit yang memerah karena sinar sunset, sangat enak untuk dipandang mata dan memang sesuatu yang tidak banyak bisa ditemukan di tempat lain. Kekhasannya inilah yang memberikan daya tarik tersendiri dan setiap kali berkunjung ke sana, akan membuat kita betah untuk duduk sampai sunset selesai di ufuk barat. Setiap kali berkunjung ke sana, pasti saya, keluarga dan teman-teman yang saya ajak ke sana, memilih untuk berkunjung pada jam-jam dimana sunset akan muncul. Paling tidak satu jam sebelum sunset. Karena sebelum duduk memandangi sunset ada juga beberapa spot di areal pura Tanah Lot ini yang menjadi tempat kunjungan kami.

Tanah Lot 02Tanah Lot 04

Tanah Lot sendiri sekarang sudah dikembangkan menjadi suatu tempat wisata yang lebih nyaman dari sebelumnya, dengan disediakannya taman-taman tempat bersantai yang cukup luas, dan spot-spot untuk melihat wilayah sekitar pura yang tidak kalah menariknya dibandingkan pemandangan pura Tanah Lot itu sendiri. Kita bisa duduk-duduk bersantai di taman-taman yang disediakan sambil berpiknik menikmati makanan yang kita bawa atau kita beli di sana. Atau kita bisa bersantai duduk-duduk di cafe yang ada di daratan sambil minum kelapa muda dan menikmati sunset. Beberapa atraksi seperti ular di dalam gua, ular besar yang bisa diabadikan, dan kelelawar besar yang bergantung di depan pertokoan di sekitar areal parkir Tanah Lot. Berbelanja souvenir Bali di areal pertokoan Tanah Lot, pada saat kita baru tiba, dan pulang dari melihat sunset, juga mengasyikkan dengan keragaman souvenir yang ada, dan harganya pun tidak terlalu mahal.

KelelawarTanah Lot 05Tanah Lot 06Tanah Lot 07

Travelling Bali Part 2 Direction: Untuk mencapai Tanah Lot, anda perlu menuju ke arah Tabanan. Di perempatan Kediri anda menuju ke arah Selatan dan seterusnya sampai di parkiran Tanah Lot. Dari tempat parkir, anda perlu berjalan kaki sekitar 100 m sebelum sampai di pantai Tanah Lot. Letak absolut Tanah Lot dapat dilihat dengan membuka peta Pulau Bali melalui thumbnail peta di samping. Letak daerah tersebut tersebut ditandai dengan angka nomor [12].


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: