A Trip In Seoul

5 07 2010

Setelah mengikuti MSIS Meeting, saya berkesempatan untuk mengunjungi Kota Seoul, sambil berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul untuk keperluan surat menyurat. Saya menginap di sebuah penginapan kecil yang cukup comfortable, karena berada di tengah kota dan tidak memerlukan effort yang banyak untuk bisa sampai di pusat kotanya. Kota Seoul sangat bersih sekali, taman-taman kota ditata dengan rapi, sungai ditata dengan rapi dan bersih, dan jalan-jalan kota sangat nyaman untuk dilewati dengan berjalan kaki. Saya menghabiskan waktu hampir setengah hari untuk mengelilingi kota dengan berjalan kaki. Senang sekali rasanya bisa melihat sebuah tempat yang modern, tetapi tetap bisa dijaga kebersihannya.

Seoul 03Seoul 04Seoul 13Seoul 14

Dalam kesempatan ini saya juga meluangkan waktu untuk berkunjung ke sebuah istana raja yang ada di tengah kota. Saya selalu tertarik dengan bangunan-bangunan kuno yang mengandung nilai sejarah seperti ini. Sangat menarik, dan mengagumkan. Areal istana sangat luas sekali dan banyak bangunan yang masih dipelihara walaupun sudah tidak dipergunakan lagi oleh keturunan raja Korea.

Seoul 05Seoul 06Seoul 07Seoul 12

Di balik istana raja tersebut, ada sebuah taman yang dinamakan “Secret Garden”, yang memang digunakan oleh raja Korea jaman dulu untuk beristirahat tanpa banyak diketahui oleh orang istana. Taman tersebut sangat luas, dan saya ikut dalam tour yang disediakan untuk mendapat penjelasan dari guide yang disediakan. Cukup mengesankan perjalanan mengelilingi taman tersebut. Saya sempat menanyakan kepada guide tersebut, drama serial TV “Janggem” kira-kira diambil dimana ya? Eh jawabannya ternyata, ya di tempat ini. Katanya istana itu ditutup atau libur sehari untuk umum, dan kesempatan itu digunakan untuk mengambil serial drama TV Janggem tersebut.

Seoul 11Seoul 08Seoul 09Seoul 10

Dalam waktu yang kunjungan yang singkat itu, saya juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Seoul Tower untuk melihat kota Seoul dari atas. Dua foto di bawah memperlihatkan kota Seoul saat siang hari dan malam hari. Sangat berbeda khan?

Seoul 15Seoul 16

Yang mengesankan dari perjalanan saya kali ini juga, saya merasa semuanya nyaman, aman, tenang, bersih dan hal-hal lain yang terkait dengan kata sifat-kata sifat itu. Subway yang ada di tengah kota Seoul juga sangat nyaman dan bersih. Saya tidak merasa canggung sama sekali, walaupun baru sekali berkunjung ke sana dan baru pertama kali.

Seoul 01Seoul 02

Bandara Incheon tempat keberangkatan saya kembali ke Bali juga terlihat sangat tertata dan bersih sekali. Menurut berita yang saya dapatkan, Bandara Incheon ini merupakan salah satu bandara terbesar dan termodern di dunia.

Seoul 18Seoul 20Seoul 17Seoul 19


Actions

Information

Leave a Reply

