MSIS Meeting in Korea

1 07 2010

Akhir bulan April, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti Meeting on Management of Statistical Information Systems. Saya datang mewakili kantor mempresentasikan systems yang idealnya diterapkan dalam mendukung pelaksanaan kegiatan survei maupun sensus. Hal ini merupakan kesempatan yang sangat berharga karena di dalam meeting saya berkesempatan untuk bertemu dengan beberapa delegasi yang umumnya mempunyai background teknologi informasi dan juga mempunyai kesempatan untuk turut berdiskusi terkait dengan penerapan teknologi informasi itu sendiri di kantor masing-masing.

Meeting in Korea 01Meeting in Korea 02

Banyak presentasi yang disampaikan terkait dengan bagaimana TI diterapkan dalam menyelesaikan kegiatan yang berhubungan dengan statistik di kantor masing-masing. Beberapa penerapan TI dalam mendiseminasikan data juga disampaikan. Salah satu software diseminasi yang dipresentasikan oleh delegasi dari Korea sangat menarik sekali, karena dengan software itu, kita bisa mengukur tingkat dan gaya hidup kita dengan membandingkannya pada rule-rule umum tentang tingkat dan gaya hidup penduduk berbasis umur dan wilayah. Tentunya rule-rule ini didapatkan dari data yang mereka miliki. Beberapa teknologi baru seperti web semantic dan cloud computing juga dipresentasikan dan bagaimana teknologi tersebut mulai dijajaki untuk diterapkan.

Di samping kegiatan diskusi terkait penerapan TI, kami juga dijamu makan malam, sebagai sambutan selamat datang. Menu yang disediakan benar-benar khas Korea, yang kalau dilihat di foto sendiri, di dalam satu meja, bisa terdapat banyak sekali mangkok-mangkok kecil berisikan makanan khas Korea. Rasanya khas, tetapi sangat enak untuk disantap. Makanan Korea memang terkenal banyak berisikan herbal yang berguna untuk kesehatan. Slogan yang ada katanya “makanan Korea adalah obat”.

Meeting in Korea 03Meeting in Korea 04

Kami juga berkesempatan untuk ikut tour ke Buddist Temple dan mendapat pengalaman untuk tinggal di temple seperti gaya seorang biku selama sehari penuh. Yang paling unik dalam kegiatan ini, kami harus ikut makan dengan gaya makan para biku yang tinggal di temple. Makanan mereka semuanya hanya sayur dan nasi, dan yang paling unik adalah gaya mereka dalam melakukan prosesi makan yang dilakoni. Yang agak menggelikan, kami harus membersihkan mangkok yang kami gunakan makan dan kemudian meminum airnya. Sudah tentu air yang digunakan untuk membersihkan adalah air siap diminum.

Meeting in Korea 05Meeting in Korea 06

Dalam kesempatan kali ini, saya juga bertemu dengan beberapa orang dan menjadi lumayan dekat dengan mereka. Beberapa di antaranya adalah UT dari Buthan dan Myagmar dari Mongolia. Sangat mengesankan karena bisa mengenal mereka sekaligus mengenal Korea lebih dekat, saat berjalan-jalan dengan mereka. Beberapa teman Korea juga ikut bergabung dengan kami saat kami jalan-jalan.

Meeting in Korea 07Meeting in Korea 08


Actions

Information

2 responses

5 07 2010
Yudi Agusta

Iya bener. Gak sempat ngobrol waktu itu ya ….

3 07 2010
anima

Ah jadi waktu kita ketemu di airport itu bapak sedang menuju ke Korea ya? Awesome!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: