KNS&I2009 Berjalan Lancar

26 11 2009

Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I2009) telah berakhir. Tanggal 14 November 2009, hari Sabtu, semua kesibukan berujung di hari itu, dimana ada sekitar 500 orang yang harus dihandle yang terdiri dari sekitar 40 orang undangan, 60 orang peserta pemakalah, dan 400 orang mahasiswa yang mendaftar untuk turut menyimak makalah-makalah yang dipresentasikan pada konferensi kali ini.

UndanganPeserta 1Peserta 2Peserta 3

Persiapan konferensi yang demikian banyak kendala, tempat konferensi yang masih belum siap benar, membuat saya sebagai panitia sangat-sangat sibuk dan was-was apakah konferensi bisa dilaksanakan seperti halnya pelaksanaan tiga kali sebelumnya. Tahun ini merupakan tahun pertama kami melaksanakan di gedung kampus. Tahun ini juga persiapan sangat banyak kendala mulai dari email kami yang bermasalah, persiapan konferensi yang berbarengan dengan perpindahan kami ke gedung kampus baru, dan gedung kampus sendiri yang masih bermasalah dengan listriknya.

Registrasi 1Registrasi 2Registrasi 3Registrasi 4

Tapi mencermati pelaksanaan KNS&I2009 ini, saya merasa, dengan begitu banyak kendala, pelaksanaan kali ini bisa dikatakan cukup berhasil. Mulai dari persiapan ruangan yang walaupun ini pelaksanaan pertama, ruangan bisa dipersiapkan dengan baik, penerimaan tamu undangan, penerimaan peserta pemakalah, dan registrasi mahasiswa yang terdaftar, semuanya bisa terselesaikan dengan relatif baik. Acara sidang juga berjalan dengan lancar, mulai dari munculnya tari Pendet, kemudian sambutan pembukaan oleh Kadis KPDE Kota Denpasar, pembicara tamu oleh Bapak DR. Indra Adji Sulistijono (yang mewakili Bapak DR. Son Kuswadi) yang cukup memberikan wawasan tentang perkembangan robot dunia sekarang ini, pelaksanaan sesi sidang pemakalah yang dibagi menjadi empat ruangan, sampai pada penyerahan best paper award di akhir acara kepada Bapak Eko K. Budiarjo, semuanya bisa dilaksanakan dengan relatif lancar.

Ketua PanitiaTari Pendet 1Tari Pendet 2SambutanPenyerahan PlakatBapak Indra Adji 1Bapak Indra Adji 2Bapak Eko Budiarjo

Memang, permasalahan pengaturan pemakalah dan waktu pemakalah selalu menjadi masalah dari tahun ke tahun. Perilaku pemakalah yang berbeda-beda membuat kami panitia juga sedikit kewalahan. Ada yang baik mau mengikuti jadwal, ada yang ingin dapat waktu untuk jalan-jalan, sehingga minta presentasi di sesi pagi, ada yang memang dikejar-kejar jadwal pesawat, dan ada juga yang berhalangan hadir, yang baru kami ketahui setelah acara dimulai. Tetapi secara kesuluruhan, dengan mengutip pendapat dari salah seorang peserta pemakalah, dalam KNS&I yang dilaksanakan STIKOM BALI, banyak sekali pemakalah yang hadir dan bertahan di tempat untuk mempresentasikan makalah mereka. Berbeda dengan konferensi di tempat yang lain, yang umumnya tidak begitu ramai didatangi para pemakalah. Dari segi itu, sayapun sedikit bersyukur.

Presentasi 1Presentasi 2Presentasi 3Presentasi 4

Dalam kesempatan ini saya sebagai ketua panitia, sangat berterimakasih sekali kepada mahasiswa dan senat yang telah meluangkan banyak waktunya untuk membantu persiapan dan pelaksanaan konferensi kali ini. Berikut wajah-wajah mahasiswa dan senat yang telah membantu pelaksanaan KNS&I2009 sehingga bisa menjadi even yang bisa dikatakan berhasil.

Mahasiswa 1Mahasiswa 2Mahasiswa 3Mahasiswa 4MCRatni


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: