Registrasi Penduduk Online Part 5

14 04 2009

Pemilu Legislatif sudah berakhir. Tapi permasalahan pemilu belum berakhir. Salah satu yang menjadi masalah besar adalah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sungguh, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terlalu menggampangkan permasalahan. Melihat bahwa registrasi penduduk yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan tidak pernah benar, Sensus Penduduk yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik juga masih mengandung error, tetapi KPU seolah-olah menutup mata dan menyerahkan pemutakhiran DPT kepada aparat desa begitu saja, tanpa melakukan pemantauan, pengawasan dan sosialisasi yang memadai. Hasilnya ya beginilah, kalau errornya dihitung jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih tapi tidak terdaftar mungkin bisa mencapai 50%.

Saya contohkan di keluarga saya, dari 5 anggota keluarga yang mempunyai hak memilih, hanya 2 orang yang muncul di DPT. Kalau semua anggota keluarga saya tidak muncul sama sekali sih masih bisa dimengerti, bahwa kemungkinan besar keluarga saya belum pernah dikunjungi untuk didaftar, tetapi ini hanya sebagian saja yang muncul. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana mekanisme mereka memunculkan dan menghapus nama-nama yang ada. Kalau orang yang tadinya terdaftar, tentu saja mereka akan yakin akan tetap terdaftar, sebelum mereka melaporkan bahwa mereka pindah rumah atau wafat.

Sebenarnya ulasan mengenai hal ini sudah saya sempat tulis juga, dimana tulisan itu saya kaitkan dengan Registrasi Penduduk Online. Tulisan tersebut bisa dibaca di Registrasi Penduduk Online Part 2, yang sebenarnya sudah saya tulis setahun yang lalu.

Selain permasalahan Pemilu tersebut, ada beberapa hal juga yang terkait dengan keberadaan Registrasi Penduduk Online. Salah satu hal yang mungkin terpengaruh juga dengan tidak adanya Registrasi Penduduk Online ini adalah masalah keamanan. Saya hanya terpikir sewaktu terjadi bom Bali. Kalau saja waktu itu, registrasi online itu sudah ada, tentu saja melacak orang-orang yang mempunyai niat tidak baik, misalnya orang-orang yang sering menyamarkan nama untuk keperluan yang tidak baik khususnya dalam bidang keamanan akan bisa dilaksanakan dengan mudah. Keperluan untuk membeli kamera CCTV untuk memantau kegiatan orang-orang yang mencurigakan, akan bisa digantikan dengan melakukan pemantauan menggunakan fasilitas dan hal-hal yang sudah disediakan di Registrasi Penduduk Online ini.

Kalau ingin melihat tulisan saya yang lain tentang Registrasi Penduduk Online dan masalah serta akibat yang ditimbulkan kalau sistem tersebut tidak segera dibuat, bisa membuka di link Registrasi Penduduk Online Part 1, Registrasi Penduduk Online Part 3, dan Registrasi Penduduk Part 4.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: