Turtle Island: The Turtle

25 02 2009

Petunjuk menuju Turtle Island ada di bagian bawah tulisan ini.

Turtle Island merupakan suatu pulau yang ada di pinggiran Kota Denpasar yang terkenal dengan salah satu pura (Pura Sakenan) yang menjadi persingggahan penyebar Agama Hindu di Bali. Jaman dahulu, untuk mencapai Pura tersebut, penduduk harus menggunakan perahu pada saat air pasang atau berjalan kaki kalau air lagi surut. Sekarang ini Turtle Island sudah berubah karena jalan yang menghubungkan daratan Pulau Bali dengan Turtle Island ini sudah selesai dibangun. Bahkan, jalan lintas sebagai jalan alternatif menuju Nusa Dua yaitu jalan layang Turtle Island dan Tanjung Benoa juga rencananya dibangun.

Turtle Island mempunyai sejumlah penduduk yang memang sudah lama menetap di sana. Umumnya pekerjaan mereka adalah sebagai nelayan. Tidak heran kalau kita banyak bertemu dengan pedagang ikan di sekitar kota Denpasar yang berasal dari Turtle Island ini.

Perjalanan kami ke Turtle Island, kami lakukan saat liburan lebaran. Sebenarnya rumah tempat kami tinggal sekarang sangat-sangat dekat dengan pulau tersebut. Tetapi karena tidak ada keperluan untuk pergi ke sana, kami tidak begitu tahu apa yang ada di dalam pulau tersebut. Kami mengelilingi perumahan penduduk terlebih dahulu. Di sana ada beberapa nelayan yang melakukan penangkapan ikan. Kami juga menyempatkan diri untuk singgah di tempat penangkaran penyu, yang menurut penjaga di sana, pembiayaan penangkaran tersebut dibebankan pada organisasi dunia yang bergerak di bidang hewan-hewan yang diperkirakan mengalami kepunahan. Bantuan dari pemerintah daerah Kota Denpasar juga ada.

Turtle Big TurtleTurtle Little Turtle

Di sana kami melihat banyak sekali penyu yang sedang ditangkar. Ada yang baru lahir ada yang sudah besar. Yang baru lahir umumnya dipersiapkan untuk bisa cukup besar untuk dilepas ke lautan. Ada juga penyu-penyu kecil yang sedang sakit, sehingga mereka memerlukan perawatan khusus. Beberapa penyu besar juga yang mengalami hal yang sama, rata-rata kulitnya terkena jamur, juga dipelihara di sana.

Turtle KiyaTurtle AyaTurtle Aya KiyaTurtle Mum Aya

Kami, khususnya Aya dan Kiya, berkesempatan untuk memegang penyu-penyu tersebut dan merasakan bagaimana kulit mereka dan gerak gerik mereka saat mereka di pegang. Pengalaman yang cukup mengesankan, karena kami mendapatkan sedikit pelajaran mengenai penyu dan bagaimana kita perlu untuk lebih care terhadap penyu yang notabene adalah salah satu hewan yang hampir punah dari dunia.

Travelling Bali Part 1 Direction: Untuk mencapai Turtle Island, Denpasar, dari arah Bandara Ngurah Rai, anda perlu menyusuri Jalan ByPass I Gusti Ngurah Rai ke arah Sanur. Setelah melewati perempatan Sesetan, anda perlu berputar balik dan mencari jalan ke kiri yang menghubungkan daratan Pulau Bali dan Turtle Island. Letak absolut Turtle Island dapat dilihat dengan membuka peta Pulau Bali melalui thumbnail peta di samping. Letak daerah tersebut tersebut ditandai dengan angka nomor [9].


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: