Turtle Island: The Beach

25 02 2009

Petunjuk menuju Turtle Island ada di bagian bawah tulisan ini.

Melanjutkan kunjungan ke perkampungan dan penangkaran penyu, kami pergi ke daerah pantai yang ada di ujung selatan Turtle Island. Terus terang kami terkejut sekali saat kami tiba di daerah menuju pantai Turtle Island. Ternyata wilayah Turtle Island itu sudah dipersiapkan untuk menjadi suatu kawasan resort layaknya Nusa Dua sekarang ini, walaupun sekarang masih dalam tahap yang masih awal sekali.

Tanah-tanah sudah mulai diratakan, bakau-bakau sudah mulai ditebangi dan ditimbun tanah, laut sudah dipersiapkan agar tidak mengalami abrasi dan lain-lain. Dari sini lah rencananya akan dibuat suatu jalan yang akan menghubungkan Turtle Island dengan Tanjung Benoa, sehingga untuk pergi ke Nusa Dua, kita tidak perlu keliling melalui Jalan I Gusti Ngurah Rai, tetapi cukup dengan melintasi jalan ini yang notabene akan jauh lebih pendek.

Di sana kami mencari pantai yang cukup nyaman bagi anak-anak untuk berenang. Pantainya masih lumayan sepi. Resort ataupun pedagang yang berjualan masih pedagang lokal. Tempat berteduh pun belum begitu banyak tersedia. Pantainya sendiri pantai pasir putih yang lumayan luas bagi anak-anak untuk berlarian ke sana kemari. Yang saya baru tahu setelah saya sendiri ikut mandi di pantai adalah di dasar pantainya masih banyak sekali karang-karang laut yang cukup menyakitkan kalau kita berjalan atau berlarian di sana.

Turtle Beach MumTurtle Beach Mum Aya KiyaTurtle Beach Dad Aya KiyaTurtle Beach Aya Kiya

Tapi Aya dan Kiya seperti biasa, tanpa mengindahkan rasa sakit, berlarian ke sana kemari, di pasirnya, di pantainya. Mereka juga meminta untuk menyewa kanoe untuk bermain. Kami berada di Turtle Island hampir seharian, mulai dari ke perkampungan dan penangkaran, dan kemudian setengah hari di pantainya. Sungguh hari yang panjang dan menyenangkan. Tentu saja, untungnya kami juga membawa banyak makanan, jadi saat sudah merasa lapar, apalagi setelah selesai berenang, semua makanan yang dibawa habis terkonsumsi dan masuk ke pencernaan kami yang kosong.

Turtle Beach Dad Aya Kiya KanoeTurtle Beach Aya Kiya Kanoe

Travelling Bali Part 1 Direction: Untuk mencapai Turtle Island, Denpasar, dari arah Bandara Ngurah Rai, anda perlu menyusuri Jalan ByPass I Gusti Ngurah Rai ke arah Sanur. Setelah melewati perempatan Sesetan, anda perlu berputar balik dan mencari jalan ke kiri yang menghubungkan daratan Pulau Bali dan Turtle Island. Letak absolut Turtle Island dapat dilihat dengan membuka peta Pulau Bali melalui thumbnail peta di samping. Letak daerah tersebut tersebut ditandai dengan angka nomor [9].


Actions

Information

One response

25 02 2009
anima

interesting, didnt know there was a turtle island disini, wow!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: