Registrasi Penduduk Online Part 4

10 01 2009

Beberapa tahun belakangan ini, beberapa wilayah di Indonesia baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi berlomba untuk berusaha menata catatan kependudukan di wilayah mereka masing-masing, khususnya setelah adanya otonomi. Tapi tidak sadarkah bahwa beberapa kegiatan yang dilakukan bisa mengefesiensikan biaya/anggaran negara dalam jumlah yang cukup besar. Salah satu contoh yang sudah saya ulas dalam tulisan saya tentang Registrasi Penduduk Online Part 2 adalah tentang pendaftaran pemilih dalam kegiatan pemilu. Beberapa efesiensi lain yang bisa menjadi dampak antara lain:

  • Pengembangan sistem informasi yang sebenarnya memerlukan hanya satu saja di tingkat nasional, harus dilakukan di tingkat wilayah masing-masing. Kalau di Indonesia ada 349 kab/kota misalnya, berarti pemerintah paling sedikit harus menyediakan 349 anggaran yang sama dalam pengembangan sistem informasi kependudukan.
  • Belum lagi, kegiatan seperti pendaftaran penduduk miskin, pendaftaran siswa sekolah, pendaftaran balita, pendaftaran wanita usia subur dan pendaftaran-pendaftaran terkait penduduk jenis lainnya, yang seharusnya bisa diintegrasikan menjadi satu kesatuan dengan sistem informasi kependudukan yang ada dengan sedikit tambahan-tambahan di sana-sini, harus dilakukan berulang kali, membuat pemerintah harus menyediakan dana/anggaran untuk kegiatan-kegiatan yang sebenarnya tujuannya adalah sama atau sejenis.

Kalau saja dana-dana ini bisa diefesiensikan untuk membiayai orang-orang atau keluarga-keluarga yang susah untuk hanya sekedar melangsungkan kegiatan hidup mereka. Tentu akan lebih bermanfaat lagi.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: