Desa Budaya Kertalangu

16 12 2008

Petunjuk menuju Desa Budaya Kertalangu ada di bagian bawah tulisan ini.

Kertalangu Aya KiyaAwal bulan Juni lalu, di sela-sela kesibukan kami bekerja, kami menyempatkan menggunakan satu pagi kami di hari libur untuk pergi ke Desa Budaya Kertalangu, yang terletak di pinggiran kota Denpasar, karena kami mendengar Desa Budaya tersebut menyediakan jogging track yang bagus di tengah persawahan. Alhasil karena letaknya yang cukup dekat dari rumah kami, sekitar 5-10 menit berkendaraan, kamipun pergi pagi-pagi sekali, tanpa begitu banyak persiapan, hal yang tidak sering kami lakukan kalau kami bepergian.

Pertama-tama kami pergi ke tempat jogging, untuk mencoba jogging track melintasi kebun dan sawah. Jogging track ini cukup nyaman untuk dilalui. Suasana nyaman dan asri bisa dirasakan, karena sawah dan kebun masih dipelihara aktif oleh penduduk setempat. Jogging track itu ditata mengelilingi suatu area. Kami mengelilingi jogging track tersebut hanya sekali, karena jaraknya yang lumayan jauh.

Kertalangu Dad Aya KiyaKertalangu Mum Aya Kiya

Setelah selesai jalan santai, akhirnya kami duduk-duduk di sekitar kolam ikan. Ada banyak juga pengunjung yang datang untuk memancing di kolam ikan tersebut. Kami sendiri tidak mencobanya. Kata mereka, ikan yang mereka berhasil pancing bisa dikiloin atau digoreng dan dimakan di sana. Kami sendiri memilih untuk membeli jajanan dan minuman hangat, sambil melihat pemandangan kolam yang lumayan alami.

Kertalangu KiyaKertalangu Aya

Kertalangu Membuat LilinSetelah itu kami melanjutkan jalan-jalan di sekitar area yang ternyata mempunyai area yang luas sekali untuk melakukan berbagai kegiatan. Ada banyak sekali kegiatan yang mereka lakukan di desa budaya ini. Ada stand untuk membuat keramik, mulai dari membuat sampai membakar, atau stand untuk membuat lilin, wangi-wangian, pemahatan paras dan lain-lain. Kami melihat-lihat para pekerja membuat keramik dan membeli beberapa keramik yang sudah selesai dibakar. Kami juga mengunjungi stand lilin dan membeli beberapa lilin dan wewangian. Aya dan Kiya mendapat kesempatan untuk membuat lilin-lilin kecil berbentuk bunga kamboja, dan sekaligus membawa beberapa lilin yang mereka buat sendiri. Walaupun tanpa persiapan, ternyata banyak juga yang bisa dinikmati di Desa Budaya Kertalangu ini.

Travelling Bali Part 1 Direction: Untuk mencapai Desa Budaya Kertalangu, Denpasar, dari arah Bandara ke sanur, anda perlu melalui Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai. Setelah ‘melewati’ jalur pertigaan ByPass Ida Bagus Mantra yang menuju arah Klungkung, anda perlu berbelok ke kanan. Pintu masuk Desa Budaya Kertalangu ada tepat di depan tempat putar balik tersebut. Letak absolut Desa Budaya Kertalangu dapat dilihat dengan membuka peta Pulau Bali melalui thumbnail peta di samping. Letak daerah tersebut tersebut ditandai dengan angka nomor [10].


Actions

Information

5 responses

17 03 2013
Gideon Rikki Marendra Sunarso

nomor 10 itu tohpati,
saya jadi bingung…

6 11 2009
bali

Gratis ya? Wah.. boleh juga tuh kapan2 joging kesana, sambil refreshing.

5 11 2009
bali

kalo mo jogging, byr gk bos?

5 11 2009
Yudi Agusta

Gak tuh, Gratis

10 04 2009
nenonenoneno

wow keliatannya asik. pengen nyoba jogging track nya.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: