Bunch of Words Against Corruption

8 08 2008

Suatu waktu dalam minggu ini, sambil mengendarai mobil menuju ke tempat kerja dan setelah melihat berita pagi, saya berpikir, kenapa orang bisa melakukan korupsi dengan jumlah-jumlah yang demikian besarnya. Saya jadi berpikir apa kurangnya pengalaman hidup mereka sehingga mereka harus berjuang begitu berat dan harus melakukan korupsi serta kebohongan untuk membuat hidup mereka menjadi lebih senang dan tenang.

Berpikir seperti itu, saya jadi berpikir, apa kata-kata yang kurang sehingga hal-hal seperti korupsi dalam jumlah besar itu bisa terjadi. Mungkin ini sekumpulan kata-kata yang sekiranya perlu untuk lebih didalami lagi dan mungkin harus diusahakan untuk bisa diteruskan lebih lanjut ke generasi yang akan datang:

CARING, RESPONSIBLE, AFFECTION, BROADER VIEW AND THINKING, HAPPY WHEN OTHERS HAPPY AND SAD WHEN OTHERS SAD (not the other way around), FAIR PLAY, SELF ESTEEM and ……. will be continued if there is any.

Hope I will not be the one just like them😦


Actions

Information

4 responses

28 09 2008
fenny

korupsi itu dimulai dari hal-hal kecil pak. kalau semasa kecilnya terbiasa ‘korupsi uang jajan’, dia berpotensi menjadi koruptor di masa depannya, tak peduli setinggi apapun pendidikan dan jabatannya, atau bahkan sebanyak apapun harta yang dimilikinya. saya rasa orang-orang seperti itu hanya selalu merasa tidak puas dengan apa yang telah mereka miliki. dan mirisnya, kenapa justru banyak orang kaya yang melakukan korupsi, sementara para pedagang kecil lebih banyak melakukan perampokan ketimbang korupsi. mungkin memang cara berpikir mereka berbeda, sedikit lebih elit orang-orang yang memiliki jabatan itu.
wah kalau bapak sih saya yakin memiliki pendirian yang kuat, pak. terpancar dari gaya bicara dan cara mengajar bapak di kelas kok. semoga ya.. hehe bukan mendoakan yang tidak-tidak lho, pak.

18 08 2008
siegfrieda

hahaha… iya, korupsi itu memang seperti hobi. atau malah sebagai trend. sebenernya itu dah mendarah daging di negara kita. seperti yang dikatakan “budi hardiyono” bahkan tukang parkir pun korupsi. terkadang kita pun sering korupsi, meski tidak kita sadari secara langsung…
anyway, pak yudi agusta, saya dapat alamat blog ini dari milis Loyola. lalu saya sempat nyolong lihat2, blog ini bagus juga untuk ngajar. nah, saya mau minta izin aja, kalo2 nanti saya membuatnya mirip2 (belajar dari bapak gitu)… karena saya memang masih o’on banget, sementara dosen LTT (language teaching technology) saya mintanya tinggi banget… berikut alamat blog saya: siegfrieda.blogspot.com atau siegfrieda.wordpress.com
jadi bapak bisa cek kalo2 saya malah njiplak persis… (hehehe)
kalo boleh, bisa diberi comment.
terima kasih banyak

15 08 2008
teuku

Apa kabar pak? senang bisa komunikasi lagi dengan bapak. saya teuku fahrulriza. biasa dipanggil teuku. dulu skripsi saya di STIS tahun 2000 dibimbing bapak (sebelum pak Yudi ke Australia). belum sempat kasih kenang2an, eh pak Yudi dah pergi ke Aussie. trims untuk bimbingannya, pak. Kalo mau konsul via email boleh ya, pak. thanks be4. BTW, about corruption… saya kadang2 gak habis pikir. duit yang di korup, ketauan, eh… baru dikembaliin, case closed. padahalkan pidananya jg harus dikejar dong. salam hormat.

11 08 2008
budi hardiyono

korupsi itu sejatinya adalah hobby, seperti halnya mancing, baca buku, main bola, dsb, dsb. Kenapa saya bilang begitu? lha wong yang korupsi itu bukan cuman pejabat tinggi dan setengah tinggi kok, tapi juga tukang parkir (yg seneng kalau karcisnya gak diambil), kenek mobil angkot (yang pura-pura ga ngasih kembalian ongkos kalau ga ditagih), tukang angkut sampah yang kadang ga mau ngangkut sampah2 non rumahtangga, dan masih banyak yang lainnya. Jadi karena hobby, maka kalau belum ketemu apa yang dia dambakan, maka ia akan terus-dan terus berusaha untuk mendapatkannya. Terus apa mereka nggak ngeri ngelihat sepak terjang KPK di TV-TV? Walaah itu urusan nantilah, yang penting aku bisa menikmatinya sekarang. Apa mereka nggak takut dipermalukan? Weleeh, kalau urusan nggak tahu malu itu udah santapan saya sehari-hari? So what ???……

Leave a Reply

