Lake Beratan and Kebun Raya

9 05 2008

Petunjuk menuju daerah Bedugul ada di bagian bawah tulisan ini.

Beberapa waktu lalu, kami bertamasya ke Danau Beratan dan Kebun Raya yang ada di dekatnya. Berikut ini sedikit cerita dan beberapa gambar yang kami sempat ambil di sana.

Bedugul - Pura Ulun DanuDanau Beratan adalah merupakan salah satu dari tiga danau yang terletak di daerah Bedugul, suatu daerah yang membatasi dua kabupaten yaitu Kabupaten Tabanan di selatan dan Kabupaten Buleleng di utara. Bedugul sendiri merupakan daerah pegunungan yang sangat sejuk dan biasanya didatangi oleh para pengunjung yang ingin mendapatkan suasana lain dari biasanya yang lebih sejuk dan pemandangan fresh yang hijau. Bedugul sendiri identik dengan pegunungan, bunga, dan buah-buahan. Mungkin karena sejuknya tersebut, bunga dan buah-buahan begitu mudah untuk ditemukan di sana.

Bedugul - Kebun RayaDi samping mengunjungi Danau Beratan ada suatu tempat yang sangat nyaman untuk dikunjungi untuk sekedar duduk-duduk sambil memakan makanan ringan maupun makan siang. Tempat tersebut disebut dengan Kebun Raya Bedugul. Banyak pepohonan yang bisa ditemukan di sana dan banyak lapangan luas yang terbentang yang mengijinkan anak-anak untuk berlari-lari dan bagi orang tua untuk bersantai duduk sambil melihat pemandangan. Salah satu bagian yang menjadi tempat favorit kami kalau berkunjung ke sana adalah suatu lapangan rumput yang cukup luas yang letaknya agak ke dalam di dalam kebun raya tersebut. Lapangan tersebut menghadap ke Danau Beratan di bagian bawahnya. Kami sering duduk di sana untuk bersantai sambil menyantap snack atau makan siang dan mendengarkan lagu-lagi dari radio yang sengaja kami bawa.

Bedugul - Aya dan Kiya

Bedugul - NicolasDanau Beratan sendiri sangat terkenal dengan suatu pura yang disebut dengan Pura Ulun Danu Danau Beratan. Gambar Pura Ulun Danu ini banyak dan sering sekali terpampang di beberapa brosur yang mempromosikan pariwisata Pulau Bali. Keunikan dari pura ini adalah letaknya yang ada sedikit di tengah danau. Pada saat air danau tinggi, kita bahkan tidak bisa melihat jalan atau daratan yang menghubungkan pura tersebut dengan tepi danau. Dari pura tersebut kita juga dapat menyewa perahu kecil untuk bisa berkeliling di tengah danau. Saat kami berkunjung mendung atau mungkin kabut lumayan pekat, sehingga kami memutuskan hanya duduk-duduk saja menikmati pemandangan danau. Saat itu, Nicolas, salah satu internship asal Perancis yang sedang melakukan magang di Bali di bawah bimbingan saya, juga ikut bertamasya. Di sana, saya sempat mengabadikan Nicolas di depan Pura Ulun Danu tersebut sebagai kenangan.

Travelling Bali Part 1 Direction: Untuk mencapai daerah Bedugul, kalau anda berangkat dari arah Denpasar, anda perlu untuk menuju ke arah Terminal Bis Ubung terlebih dahulu. Dari sana, anda terus menyusuri jalan utama menuju arah utara, dan sampai di pertigaan Bringkit, anda berbelok ke kanan. Dari pertigaan tersebut, anda hanya perlu menyusuri jalan utama, sekitar 20-25 km dan anda akan sampai di Danau Beratan tersebut. Pintu masuk ke Kebun Raya Bedugul ada sebelum Danau Beratan. Letak absolut daerah Bedugul dapat dilihat dengan membuka peta Pulau Bali melalui thumbnail peta di samping. Letak daerah tersebut tersebut ditandai dengan angka nomor [4].


Actions

Information

6 responses

16 12 2009
Puteri

Pak Yudi,

saya tertarik untuk mencari tahu mengenai villa Pak Agus Satria, bisa minta informasi lebih lanjut Pak – foto2, harga per hari atau mungkin sekalian nomer telfnya Pak Agus?
Terima kasih.

23 12 2009
Yudi Agusta

Bisa email saya alamat emailnya anda, nanti saya bisa beritahukan contact number P Agus Satria. Tx

24 12 2008
Yudi Agusta

Mungkin hubungi langsung P Agus Satria. Ada email address gak, nanti saya kirimkan phone numbernya. Kebetulan hari ini, kami akan menginap di sana, nanti sekalian fotonya saya kirimkan. Tx

24 12 2008
jenny

maaf pak, saya mau tanya villa yg di bedugul milik bpk. agus satria, kalo mau sewa bisa hubungi siapa?? ada fotonya ga?? thank’s!

regards,
jenny

29 10 2008
Yudi Agusta

Nggih, Pak Agus. Kalau ada, nanti tiang informasikan. Tiang juga mau coba, kalau ada waktu nanti. Suksma

21 09 2008
Agus Satria

Pak Yudi, apa kabar?

Semoga sekeluarga sedang dalam keadaan sehat walafiat..

Kebetulan saya sedang masuk ke milis IA-ITB dan nyambung ke blog Pak Yudi setelah buka email 99Venus Team. Ngomong2 99Venus Indonesia itu milis siapa ya?

Mumpung membicarakan soal Lake Beratan, saya ada sedikit info neh..hehe…

Kami sekeluarga ada sebuah villa yang posisinya persis di atas Danau Beratan. Masuknya melalui sebuah jalan, kira2 1 km sebelum Bali Handara Hokaido.

Villa tsb memiliki 4 kamar dengan 3 kamar mandi di dalam, dengan bathtub & air panas. Juga dilengkapi dengan teras, ruang duduk, dapur, kulkas, dan TV. Viewnya all Danau Beratan + perbukitan Puncak Mangu.

Dulu sempat disewa jangka panjang oleh orang dari Jakarta yang sedang mengerjakan proyek villa-villa dalam jumlah banyak di dekat-dekat situ. Namun setelah proyeknya macet, villa kami tidak disewa lagi. Sedangkan kami sekeluarga agak jarang ke sana, sehub kami sekeluarga lebih suka pantai dibanding gunung hehe…sehingga sampai sekarang villa tsb lebih sering kosong.

Jika Pak Yudi ada kenalan2 yang mau menikmati indahnya pemandangan Danau Beratan&merasakan dinginnya hawa Bedugul dengan menyewa villa, baik secara harian, mingguan, atau long stay, mungkin tempat kami bisa dipertimbangkan.

Maaf nih, numpang Blognya u/ area promosi..hehe..

Salam u/ keluarga semua…

Regards,

Agus Satria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: