阿波おどり (Awa Odori: Tari Awa)

22 04 2008

Kemarin malam, nyoba-nyoba printer, yang ada fasilitas fotokopi dan scannernya, untuk fotokopikan tugas Aya dari sekolahnya. Eh saya jadi kelanjutan nyoba-nyoba fasilitas scannernya. Keterusan, akhirnya buka-buka foto album, dan ketemu beberapa foto lama, foto-foto yang diambil sebelum adanya digital camera. Foto-foto waktu di Tokushima dulu, lagi senang-senang di pesta musim panasnya Tokushima, menari Tari Awa (阿波おどり).

Japan - Awa OdoriSedikit cerita, tari Awa (阿波おどり) ini merupakan ciri khas tarian musim panas Tokushima, yang pestanya diadakan setiap tahun selama empat hari sekitar pertengahan bulan Agustus. Biasanya antara tanggal 10-15 Agustus. Tarian ini biasanya dilakukan secara bergrup yang jumlah penarinya bisa mencapai ratusan orang. Cowoknya didandani sedikit ‘macho’ istilahnya, dan yang cewek benar-benar feminim. Beberapa ruas jalan sengaja ditutup untuk memberikan tempat bagi para penari memperlihatkan kebolehannya. Yang paling mengenakkan kalau pesta musim panas sudah mulai mendekat adalah suara musik yang datang dari berbagai penjuru arah, dimana berbagai grup melatih diri untuk mempersiapkan hari H tersebut. Saya sebagai international student waktu itu sering berpartisipasi dengan bergabung pada grup organisasi internasional ataupun grup universitas. Kalau melihat foto-foto yang saya temukan ini, kelihatannya saya sangat menikmati masa-masa itu ya. Sudah cukup lama juga, dan memori itu hampir-hampir hilang rasanya. Tapi melihat foto-foto ini, rasanya terkenang kembali bagaimana saya berinteraksi dengan teman-teman Jepang, dan kalau dilihat di foto yang nari, saya itu kalau gak salah ingat narinya ‘paling depan’ deh. Semangat banget dah waktu itu. Nyoba-nyoba alat musik juga. Foto rame-rame sama teman uni – almamater yang nun jauh di sana. Ah memori yang membuat sedih dan gembira. Gimana ya teman-teman di Jepang sekarang ini.

Japan - Awa OdoriJapan - Awa Odori


Actions

Information

3 responses

27 05 2008
v3a

seneng banget bisa studi ke jepang. saya suka juga sama jepang terutama budayanya. pak kalau boleh minta tolong, saya ingin tahu bagaimana cara mendapatkan huruf jepang untuk di instal di komputer. karena saya dapat jenis font jepang karakter untuk hiragana, katakana, dan kanji tapi tidak bisa digunakan untuk menulis. jadi kalo menulis hurufnya tetap berupa huruf latin bukan huruf karajter jepang. apakah itu ada pengaruhnya dengan tipe keyboard yang tidak berabjad jepang ? bagaimana caranya supaya saya bisa mengetik dengan abjad jepang di komputer saya ang tidak berabjad jepang ? Mohon jawabannya pak…….. terima kasih

23 04 2008
Yudi Agusta

Semoga cita-citanya tercapai. Saya turut mendoakan🙂

22 04 2008
pituku

puengen banget jadi seperti bapak, studi ke Jepang🙂 , smuga suatu saat tercapai.🙂

Leave a Reply

