Rule Mining In Relational Database

17 03 2008

Relational database memang mempunyai tingkat aplikasi yang sangat tinggi di masyarakat. Sekarang ini berbagai sistem penyimpan data dan informasi dikembangkan dengan basis relational database. Sebagai perkembangan yang lain, keilmuan seperti Data Mining sudah juga masuk ke sistem relational database, sehingga tidak heran nantinya, tidak hanya sistem relational database saja yang bisa digunakan orang tetapi paket ‘Intelligent Relational Database System’ juga akan muncul.

Saya sedang membaca suatu paper yang secara khusus membahas tentang association rule mining terhadap relational database untuk bahan internship. Saya cari di google, memang banyak yang telah melakukan pengimplementasian Apriori Algorithm untuk mining rule di dalam relational database. Tahapannya mungkin sekarang ini sudah pada tahap mencari metode yang efektif dari segi waktu dalam memecahkan masalah, karena paper yang banyak saya temukan rata-rata mempunyai tahun sekitar akhir 90-an.

Salah satu paper yang saya baca mengetengahkan bagaimana melakukan rule mining pada RDBMS. Berbeda dengan proses mining pada data plain, seperti barang belanjaan, ada hal-hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan mining terhadap RDBMS yaitu bahwa data terstruktur dengan ketentuan ada Primary Key dan Field pengikutnya dan ada relasi antar tabel yang menjadi objek query. Masih banyak mungkin yang perlu diperhatikan, dan dalam kesempatan nanti saya ingin melihat lebih dalam lagi.

Ada yang sudah pernah melakukan penelitian di bidang ini?


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: