Registrasi Penduduk Online Part 1

14 03 2008

Sistem registrasi penduduk Indonesia sekarang ini masih dilakukan secara lokal. Setiap kabupaten berusaha mencacat penduduk yang ada di wilayahnya tanpa terlalu memikirkan keadaan kependudukan di tempat lain. Istilahnya pencacatan penduduk masih dilakukan secara lokal. Beberapa hal yang sering terlewatkan saat pencatatan penduduk adalah:

  • Penduduk baru yang datang menetap dan meminta untuk dicatat tidak ditanyai tempat terakhir dia terdaftar sebagai penduduk.
  • Kalaupun ditanyai dan dijawab dengan jelas, tidak ada usaha dari petugas registrasi yang baru untuk menghubungi tempat yang lama untuk menghapus catatan di sana.
  • Secara sederhana, tidak ada prosedur yang jelas apa yang harus dilakukan penduduk apabila dia memang harus pindah ke tempat lain dari segi pencatatan penduduk.

Dengan begini ini, ada banyak permasalahan yang ditimbulkan. Yang paling jelas kita sudah sering mendengar bahwa satu orang bisa mempunyai lebih dari satu KTP. Kartu Tanda Penduduk lebih dari satu, berarti seseorang bisa tercatat sebagai penduduk lebih dari satu kali. Melihat ini tentu saja jumlah penduduk yang sering dilaporkan sekarang ini kemungkinan lebih besar dari keadaan sebenarnya. Tapi kelihatannya tidak sesederhana itu dan tidak berbanding lurus seperti itu. Karena di era informasi seperti sekarang ini, ada juga penduduk Indonesia yang tidak punya KTP. Jadi mungkin ‘saldonya’ jadi sama. Saling nambahi dan ngurangi😦 .

Ini baru salah satu efek dari segi laporan jumlah penduduk. Masih banyak lagi efek-efek yang lain, yang akan saya tuliskan di blog yang lain.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: