Good Governance Ala Prof Winasa

13 03 2008

Kemarin saya berkunjung ke Kabupaten Jembrana yang dipimpin Prof Winasa. Rekan kerja kami banyak bercerita bagaimana Prof Winasa melakukan efisiensi anggaran sehingga Kabupaten Jembrana bisa dikatakan sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang berhasil melakukan Good Governance.

Beberapa intisari dari percakapan yang sempat kami lakukan termasuk bagaimana Prof Winasa melakukan efisiensi dan apa saja efek dari efisiensi tersebut kepada masyarakat. Berikut intisarinya.

Efisiensi yang dilakukan:

  • Pengadaan barang dan jasa dilakukan melalui satu pintu dalam bentuk lembaga pengadaan. Setiap unit kerja yang memerlukan barang atau jasa, harus memesannya melalui lembaga tersebut. Termasuk di dalamnya pengadaan barang-barang ATK, maintenance dll.
  • Pengadaan barang yang diperkirakan tidak efisien diganti dengan menyewa, seperti kendaraan dinas, pemkab Jembrana tidak membeli tetapi menyewa. Maintenance kendaraan tidak akan ada lagi.
  • Tidak ada pengeluaran dalam bentuk honor kepada pegawai. Pegawai sudah cukup dengan gaji dan tambahan insentif yang cukup besar.
  • Struktur kepemerintahan yang ramping yang hanya terdiri dari 7 (tujuh) dinas.
  • Dari segi peraturan kerja, semua diperketat termasuk jam kerja dan sistem reward and punishment yang dilakukan kepada pegawai.

Efek yang didapatkan masyarakat dari efisiensi:

  • Pelayanan Kesehatan Gratis
  • Pendidikan Gratis sampai tingkat SMA
  • Bantuan-bantuan kepada para petani dan rumah tangga
  • Layanan masyarakat lainnya dengan biaya rendah/gratis dan efektif seperti bis angkutan, ambulance, KTP gratis, layanan keluhan melalui SMS
  • Penyediaan fasilitas pendukung pemerintahan yang memadai seperti internet antar desa

Dalan era sekarang ini dimana korupsi dan inefisiensi di dalam pemerintahan sudah meraja lela, apa yang dilakukan oleh Prof Winasa memang suatu yang sangat baik, briliant dan berani. Hal seperti inilah yang seharusnya ada di dunia pemerintahan kita, sehingga masyarakat bisa hidup tenang dan dapat menjalani hidup mereka sesuai dengan cita-cita yang mereka punyai. Sungguh suatu prestasi yang sangat briliant. Bravo Prof Winasa!


Actions

Information

3 responses

7 04 2008
nuarta
17 03 2008
Yudi Agusta

The side two story will be interesting. Could you share with us? Tx

17 03 2008
satria

Prof. Winasa has got two side of coin. U just looked the side one, sir…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: