Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1930

10 03 2008

Tanggal 7 Maret 2008 kemaren, kami sekeluarga tinggal di rumah, tidak keluar sejengkalpun dari dalam bangunan rumah. Acara ritual ini kami jalani dengan rasa tenang dan senang.

Melihat hakekat dari nyepi itu sendiri, dimana kami harus melaksanakan amati karya (tidak bekerja), amati geni (tidak menyalakan api), amati lelungaan (tidak bepergian) dan amati lelanguan (tidak menikmati acara hiburan), rasanya dalam sehari itu kami dibawa kembali ke basic (back to basic) kehidupan kami sebagai manusia, dimana manusia menurut saya sebenarnya bisa hidup tanpa kegiatan-kegiatan yang tidak dilaksanakan dalam acara ritual Nyepi tersebut. Saya sendiri secara pribadi, rasanya mempunyai sesuatu yang baru dan fresh di dalam diri saya dalam menyambut Tahun Baru Caka 1930 ini.

Banyak juga yang mendiskusikan, bahwa hari raya Nyepi sangat-sangat bermanfaat dalam menangani isu Global Warming yang sedang marak diperbincangkan saat ini. Selama sehari penuh, tidak ada kendaraan yang lalu lalang di jalanan dan tidak ada penggunaan listrik (walaupun saya tahu di masing-masing keluarga masih ada yang nonton TV sambil bersembunyi di ruangan yang agak jauh dari jalanan, karena takut ditegur Pecalang🙂 ). Dalam sehari itu, cukup banyak juga gas emisi yang bisa dikurangi dan penggunaan energi listrik yang bisa dihemat. Memang kegiatan ritual Nyepi dari perspektif Global Warming, patut menjadi bahan diskusi lebih lanjut, mungkin sampai ke tingkat Internasional.

Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1930.

Semoga tahun baru ini memberikan lebih banyak kebijaksanaan dan kebahagiaan bagi kita semua.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: