Registrasi Penduduk Online Part 6

18 09 2009

Sudah beberapa hal saya post-kan terkait dengan perlunya suatu Sistem Registrasi Online dan bahaya-bahaya yang mungkin muncul kalau sistem ini tidak secepatnya dikembangkan. Berikut ini ada satu hal lagi, bahaya yang bisa dihindari apabila sistem registrasi online ini diterapkan.

Beberapa pemasalahan keuangan seperti pencucian uang, pembelian barang-barang berharga seperti mobil, tanah, rumah dan lain-lain dalam jumlah besar, penggelapan pajak merupakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan keuangan yang bersifat fatal yang sangat menggerogoti keuangan negara. Beberapa oknum yang melakukan kejahatan di bidang keuangan, mungkin akan dapat melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dengan mendaftarkan dirinya dalam beberapa KTP yang berbeda-beda, sehingga kegiatan-kegiatan mereka yang menyalahi aturan negara, dapat mereka sembunyikan.

Saya hanya berpikir, kalau saja registrasi penduduk online ini tersedia, tentunya kegiatan-kegiatan kejahatan yang berhubungan dengan keuangan akan dapat dihindari. Satu KTP akan dapat melacak semua kegiatan sekaligus termasuk pajak, penyalah gunaan keuangan seperti pencucian uang dan lain-lain. Kepemilikan terhadap tanah, barang berharga, mobil dan lain-lain akan bisa dideteksi. Kemudian kepemilikan usaha juga akan bisa dipantau. Hal-hal seperti ini sangat-sangat terkait dengan bagaimana keuangan negara itu bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Sungguh, registrasi penduduk online ini, bukan lagi hanya sekedar mencatat data penduduk, tapi bisa dimanfaatkan hampir ke seluruh aspek kehidupan masyarakat dan kegiatan pelaksanaan kepemerintahan, serta menjaga agar berbagai kejahatan yang sengaja dilakukan dengan memanfaatkan kecarut marutan registrasi penduduk dapat dihindarkan.

Registrasi Penduduk Online is a must, certainly.

Tulisan-tulisan terkait sistem registrasi online ini dapat dilihat pada link Registrasi Penduduk Online Part 1, Registrasi Penduduk Online Part 2, Registrasi Penduduk Online Part 3, Registrasi Penduduk Online Part 4, dan Registrasi Penduduk Online Part 5.

About these ads

Actions

Information

2 responses

9 10 2009
budi sentana

banyak juga yang dapet bagian sih pak… tiap kabupaten punya kebijakan sendiri…. saya nih contohnya tanpa kewarganegaraan sekarang…. sudah mengajukan pindah domisili…KK dan KTP dah ditarik… eh denpasar bilang harus punya KIPS 2 periode (6 bulan)…. saya terancam tidak bisa pulang ke bali nih…

18 09 2009
adek

Secara teknolgi regristasi atau KTP nasional online dimungkinkan. Yang belum mungkin yaitu political will :) Kita lihat pemerintahan beserta kabinet ang segera akan dilantik ya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 28 other followers

%d bloggers like this: